Pages

Sabtu, 10 September 2016

Tips Supaya Daging Kambing dan Sapi Cepat Empuk dan Tidak Alot

Buat saya pribadi tips ini sangat membantu banget, karena selain bisa menghemat waktu memasak juga tentunya bisa menghemat anggaran dapur alias bisa mengehmat gas hehehe

Dan berikut ada  tips yang saya ketahui sebagai salah satu langkah supaya acara memasak daging menjadi lebih singkat alias membuat daging menjadi empuk.


1. Menggunakan daun Pepaya
    Balut daging dengan pepaya, diamkan selama kurang lebih 1 jam . Enzim dalam daun pepaya  selain bisa membuat serat daging menjadi lembut tetapi juga bisa menghilangkan aroma menyengat. Cara ini saya dapat dari browsing-browsing , dan nggak taunya kata mbak saya tukang sate langganannya juga pakai cara itu buat negmpukin daging.

2. Menggunakan nanas muda .
 Kupas nanas kemudian parut , balurakan parutan nanas ke dagingnya. Tapi jangan lama-lama karena kalau kelamaan nanti dagingnya malah hancur. Sekitar 15 menit lah. Pakai nanas yang masih hijau malah lebih sip / lebih cepat ngempukin daging.


3. Menggunakan tepung kanji
Lumuri daging dengan tepung kanji, biarkan beberapa menit. Saya pakai cara ini baru satu kali entah karena mungkin kurang lama atau gimana tetapi hasilnya lebih memuaskan kalau pakai daun pepaya. Tapi orang lain juga ada yang pakai cara ini buat ngempukin daging.

Dan diantara tiga cara tersebut menurut saya yang paling sering saya praktekkan adalah cara no 1 yaitu pakai saun pepaya. Secara cara ini yang paling hemat hehehe nggak harus beli cukup petik aja daun pepayanya gratis.  Karena  kebetulan punya pohon pepaya, walaupun pohonnya masih kecil ternyata bisa bermanfaat juga sampai brindil (bahasa jawanya ) karena sering diambil daunnya. Eitss bukan karena daunnya habis terus sering masak daging ya tapi karena memang daun pepaya itu memang banyak sekali manfaatnya.

Awalnya pakai daun pepaya itu setengah nggak percaya juga masak sih cuma ditempelin gitu dagingnya bisa empuk? eh ternyata benar hasilnya memang benar-benar memuaskan dagingnya bisa cepat empuknya. Alhamdulillah  bisa menghemat waktu dan juga bisa menghemat gas.

SELAMAT MENCOBA!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar